JUARA KATEGORI BACA PUISI TINGKAT TK

SEJARAH BERDIRINYA YAYASAN SETIA MEDAN

    Berbicara tentang Yayasan ini dan karya-karyanya tidak bisa dilepaskan dari sejarah Kongregasi Suster Fransiskus Dina (SFD). Beberapa Suster misionaris dari Dongen tiba di Medan 17 April 1923 untuk berkarya di bidang pendidikan. Mereka mendirikan beberapa sekolah dan tempat-tempat kursus keterampilan wanita bagi orang-orang Eropa maupun pribumi di Jalan Palang Merah 15 Medan dan  Asrama (internat) juga didirikan untuk siswi-siswi yang berasal dari luar kota Medan. Di samping itu mereka ikut serta dalam aneka karya pastoral lainnya seperti karya kesehatan dan panti asuhan. Singkatnya, karya mereka tersebar di berbagai tempat di wilayah Medan maupun di luar Medan.

Memulai karyanya di Medan, Suster-suster SFD mendirikan TK Sint Yoseph Jl.Palang Merah 15 Medan  dikelola oleh Sr.Natalia (misionaris dari Belanda) sebagai Kepala sekolah.. Kemudian menyusul mendirikan SKP dan SGKP Maristella di Jalan Palang Merah 15. Disusul dengan membuka SLB C Karya tulus di Jl.Pemuda 1 Medan oleh Sr.Lambertha SFD (Misionaris dari Belanda)

Beberapa sekolah yang didirikan oleh para suster misionaris mengalami proses jatuh-bangun dan timbul-tenggelam seiring dengan situasi penjajahan dan kurangnya tenaga. Namun, dengan gigih mereka berjuang mengatasi berbagai persoalan untuk tetap eksis di dunia pendidikan sekalipun mendapat ancaman dari tentara Jepang saat itu. Beberapa sekolah dibuka kembali sesudah penjajahan Jepang dan ditata dengan baik dengan bantuan dari Dongen. Seiring dengan perjalanan waktu, beberapa sekolah yang dididirikan oleh para suster misionaris diserahkan kepada keuskupan dan yang lainnya tetap ditangani langsung oleh kongregasi

Waktu berjalan terus. Kaluarlah peraturan pemerintah bahwa setiap instansi resmi harus memiliki Yayasan. Dengan berbagai aturan yang dirumuskan saat itu.  Menanggapi peraturan itu Suster-suster SFD Mulai mendirikan Yayasan dengan nama YAYASAN SETIA. dengan Akta Notaris nomor 54 tanggal 21 Juni 1963 yang diperbarui tanggal 10 Maret 2006.

Yayasan ini milik  kongregasi suster – suster Fransiskus Dina dan dikelola oleh Suster–Suster Fransiskus Dina (SFD). Berada di wilayah Keuskupan Agung Medan ini. Kantor semula berada di Jl.Palang Merah 15 Medan. Sekarang di Jl.Bunga Terompet 30 Padang Bulan Medan.

Yayasan Setia mengelola : 14 unit sekolah dari tingkat TK hingga SMA, ditambah 1 Sekolah Luar Biasa (SLB) C. Sekolah-sekolah tersebut tersebar di Medan, Kabanjahe, Tiga Binanga, Saribudolok, Haranggaol dan Binjai. Selain dari antara Para Suster SFD yayasan ini melibatkan beberapa awam sebagai kepala sekolah.

Facebook Comments

About adminYSM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar